Senin, 14 Oktober 2013

Istilah-istilah perpustakaan yang perlu diketahui (macam-macam istilah katalog)


1.  Katalog : daftar buku, majalah, atau bahan pustaka lain yang terkumpul di suatu tempat    terutama  perpus/pusat informasi yang disusun secara sistematis untuk memudahkan temu kembali. Melalui katalog ini, informasi mudah dicari melalui pengenalan nama pengarang, pencipta dokumen, judul, subjek, penerbit, kata kunci, dan tanda-tanda lain.

MACAM-MACAM KATALOG

1.  Katalog niaga : daftar buku penerbit, / daftar buku yang terbit disuatu negara dan kadang mencakup buku-buku yang terbit di mancanegara.
2.   Katalog pagu   : daftar pustaka di suatu perpustakaan yang disusun sesuai urutan susunan koleksi di rak
3.   Katalog cetak    : daftar koleksi perpus yang ditulis pada lembaran kertas berbentuk seperti buku
4.   Katalog induk  : daftar koleksi dari beberapapusat informasi yang disusun dengan sistem tertentu sebagai sarana kerjasam karena ada kesamaan bidang, wilayah, kepentingan dan lainnya.
5.  Katalog kamus : sistem penyusunan katalog yang dijadikan satu antara katalog judul, katalog pengarang, dan katalog subjek.
6.  Katalog kompleks : Katalog yang mencantumkan informasi bibliografibahan pustakatingkat 2 sampai 3 berdasarkan Internasional standar Bibliografi description, AACR2, dan MARC maupun DUBLIN CORE untuk pangkalan data elektronik tingkat 1 ditambah informasi penting lainnnya.
7.  Katalog Kronologis : Suatu daftar maupun katalog yang disusun berdasarkan urutan waktu (hari,bulan tahun). 
8.    Katalog leksikal : daftar benda langit yang tampak kabur seperti galaksi dan gugus bintang
9.   Katalog penerbit : daftar pustaka yang diterbitkan oleh penerbit rekaman / agen disertai harga yang diedarkan kepada masyarakat terutama ke perpus maupun lembaga pendidikan.
10. Katalog Salinan : Katalog yang mencantumkan informasi Bibliografi bahan pustaka dari Katalog Dalam Terbitan/KDT atau sumber Bibliografi lain seperti OCLC,BLCMP, Bibliofilie, dan lainnya dengan atau tanpa menambah informasi yang diperlukan.
11.  Katalog sederhana : Katalog yang hanya mencantumkan informasi bibliografi tingkat satu berdasarkan Internasional Standard Bibliografi Description (ISBD) atau AACR2 dan MARC maupun DUBLIN CORE untuk pangkalan data elektronik yg meliputi ; judul sebenarnya, pengarang, edisi, penerbit, tempat terbit, tahun terbit, dan nomor standar seperti ISBN/ISSN.
12.  Katalog sinopsis : Susunan daftar yang memuat kumpulan elemen data yang dapat dilihat secara sepintas
13.   Katalog terhubung (OPAC) : suatu database dan record-record yang dapat di akses oleh umum sebagai pemustaka.
14.   Katalog topografis : suatu daftar yang disusun sesuai susunan koleksi, maupun dokumen dalam rak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan positif...